Sabtu, 28 Januari 2012

Mengenali Sifat Anak Melalui Gambar

Perhatikan dengan baik si anak tertarik untuk menggambar simbol apa sebagai pilihan pertama yang ia gambarkan. Karena tiap simbol mempunyai makna yang berbeda-beda.

1.    Lingkaran
Menunjukkan minat akan kasih sayang merupakan kebutuhan terbesar bagi dirinya. Mereka tidak memiliki sifat permusuhan atau agresif. Hal yang hampir selalu dicari oleh individu ini adalah kasih sayang dan persetujuan. Mereka cenderung suka bermain daripada berkelahi.

2.    Kotak
Individu yang termotivasi keamanan, suka bekerja dengan tangannya sendiri, dan memiliki pemikiran yang cenderung berkembang dalam berbagai hal. Biasanya memiliki pemikiran yang logis, praktis, dan merupakan individu yang dapat diandalkan. Tata tertib dan disiplin penting bagi dirinya.

3.    Segitiga
Menunjukkan ketajaman berpikir dan pandangan yang kuat, kebutuhan akan kekuasaan merupakan hal terpenting bagi dirinya. Individu ini berupaya menghasilkan pemecahan secara cepat dan berorientasi pada tindakan. Semangatnya luar biasa untuk meraih prestasi dan sering menolak ditempatkan di bawah orang lain.

4.    Garis Lekuk-lekuk
Imajinasi merupakan motivasi utama bagi dirinya. Termasuk individu yang menolak rutinitas, kurang peduli terhadap ketepatan waktu, protocol dan keseragaman kegiatan. Namun ia merupakan inovator karena imajinasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar