Sabtu, 28 Januari 2012

Tips Belajar Asyik


Mungkin untuk beberapa pelajar, kata “belajar” sudah sering terdengar bahkan jenuh mereka rasakan. Namun cara pengaplikasiannya berbeda-beda. Ada yang bilang tergantung “mood”. Sebenarnya kita bisa mengatur sendiri bagaimana cara belajar menyenangkan tapi konsentrasi.
Nih ada beberapa cara buat kamu biar bisa belajar serius tapi asyik.


1.     Iseng-iseng baca
Biasanya kalo lagi ga ngapa-ngapain kita akan merasa bosan atau bete. Daripada bingung mau ngapain, mending baca buku walaupun cuma 5-10 menit. Atau saat kamu menonton TV, ketika ada jeda iklan kamu bisa baca-baca sekedar belajar.

2.     Belajar bertahap
Seperti cara pada nomor satu, itu bisa dilakukan berulang kali dan tidak menjadi beban karena hanya membutuhkan waktu yang sedikit. Sistem Kebut Semalam (SKS) yang biasanya dilakukan beberapa pelajar ketika menjelang ujian sebenarnya kurang efektif. Karena otak kita terlalu dipaksakan untuk mengingat apa yang kita baca dalam waktu satu malam. Sehingga bisa mengurangi konsentrasi ujian esok hari.

3.     Pahami
Apapun yang kita pahami pasti akan selalu diingat. Coba bandingkan dengan menghafal. Orang yang belajarnya dengan cara menghafal pasti lebih cepat lupa daripada orang yang belajarnya dengan cara memahami.

4.     Baca berulang-ulang
Bagaimana caranya agar paham? Baca berulang-ulang minimal 3 kali. Tapi ada yang bilang minimal 8 kali baca. Tapi itu tergantung kamu, bisa saja dalam sekali baca kamu langsung paham. Itu lebih bagus.

5.     Iringi dengan sesuatu yang menarik
Bagi kamu yang kurang suka belajar dalam suasana sepi alias ngantuk kalo sepi. Kamu bisa selingi dengan menonton TV, mendengarkan radio atau musik tapi yang wajar-wajar saja. Jangan sampai kamu malah mengabaikan belajar.

6.     Menghafal dengan gerakan
Nah ini yang lebih asyik. Tangan kita bergerak aktif ketika memperagakan sesuatu dalam bacaan agar lebih mudah dicerna dan dipahami oleh otak kita. Hal ini bisa membantu mempercepat kamu memahami dan menghafal apa yang kamu baca.

7.     Dengarkan guru baik-baik
Ini juga penting lho. Karena 70% pelajaran yang kita terima dari guru meresap di pikiran kita. Sedangkan apa yang kita baca 30%nya saja.
Tapi emang lebih bagus lagi kita pelajari bukunya dan dengarkan apa yang diajarkan oleh guru yang bersangkutan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu pilih sesuai yang kamu inginkan. Atau kamu bisa menambahkannya dengan gaya belajar kamu. Yang penting kamu enjoy untuk belajar. Jangan lupa berdo’a sebelum belajar.
Ingat! Sesuatu yang mudah diingat ada dua hal : HAL YANG PENTING DAN HAL YANG DILAKUKAN BERULANG-ULANG.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar